Skripsi
Peningkatan motivasi belajar melalui self regulated learning (SRL) bagi siswa kelas VII-G di SMP pawiyatanrnSurabaya
Guru BK memiliki peran penting dalam membantu siswa berkembangrnsemaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan, menghasilkan pemahamanrntentang sesuatu, memecahkan permasalahan, serta memelihara dan memantapkanrnpribadi siswa agar lebih terarah. Permasalahan utama yang dihadapi oleh guru BKrndi SMP Pawiyatan Surabaya adalah masalah yang dapat menghambat siswa untukrnmencapai suatu tujuan atau cita-cita, diantaranya yaitu motivasi belajar. Untukrndapat meningkatkan motivasi belajar siswa, guru BK perlu untuk menerapkanrnteknik layanan BK yang mampu membangkitkan minat belajar siswa yaitu salahrnsatunya dengan Self-Regulated Learning (SRL). Penelitian ini bertujuan untukrnmengetahui keterlaksanaan penerapan SRL, peningkatan motivasi belajar siswarnsetelah menerapkan SRL serta hubungan antara kemampuan SRL siswa terhadaprnmotivasi belajar siswa di siswa kelas VII-G SMP Pawiyatan Surabaya. Jenisrnpenelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen danrnkorelasi. Data dikumpulkan dengan lembar pengamatan, tes dan kuesioner.rnTeknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, deskriptifrnkuantitatif melalui analisis N-gain dan statistik inferensial melalui uji-t danrnkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) layanan BK denganrnmenerapkan model SRL terlaksana dengan baik dimana pelaksanaan layananrnsesuai dengan pedoman pengelolaan SRL dan melalui penugasan SRL siswa dapatrnmengelola kegiatan belajar secara mandiri berdasarkan aspek-aspek SRL, 2)rnpenerapan layanan BK dengan model SRL dapat meningkatkan motivasi belajarrnsiswa, dan 3) kemampuan SRL memiliki hubungan yang sebanding dan signifikanrnterhadap motivasi belajar.
T-2013/KI/012 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain