Skripsi
an Analysis of students’ grammatical awareness at English education Department, Faculty Of Tarbiyah, State Institute of Islamic studies Sunan Ampel Surabaya
Fokus utama penelitian ini adalah mendeskripsikan level kesadaran gramatika rnbahasa dari siswa semester 6 jurusan pendidikan bahasa inggris. Yang kedua, rnpenelitian ini juga bertujuan untk mengetahui aspek gramatika bahasa inggris yang menimbulkan kesulitan terhadap siswa dan penyebabnya. Temuan dari penelitian ini akan memberikan gambaran sejauh mana kesadaran gramatika bahasa siswa sehingga mereka dapat memperkuatpengetahuan gramatika mereka dan berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan negara.rnDesain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan rnmenggnakan tes, kuesioner, dan wawancara. Peneliti menggunakan tes yang didesain oleh Rod Ellis karena tes ini mampu mencakup teori kesadaran gramatika yang digunakan dalam penelitian ini. Stephen Andrews mendeskripsikan kesadaran gramatika sebagai 4 kemampuan manusia dalam bahasa. Mereka adalah kemampuan mengenali terminologi metabahasa, kemampuan memproduksi terminologi metabahasa, kemampuan mengidentifikasi dan rnmembenarkan kesalahan dalam grammar, kemampuan menjelaskan aturan gramatika.rnHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa level kesadaran gramatika rnbahasa siswa berada pada level Intermediate-High, Advance-Low, Advance-Mid, and Advance-High. Aspek grammatika bahasa yang menimbulkan kesulitan terhadap rnsiswa adalah pola gramatika bahasa, pengertian dari pola gramatika bahasa, dan pemetaan pola bahasa terhadap pengertiannya. Ada 6 penyebab dari kesulitan gramatika bahasa. Pertama, banyaknya rumus untuk diingat. Kedua, banyaknya pengecualian dalam aturannya. Ketiga, dalam kasus morfologi bahasa tidak ada aturan pasti mengenai bagaimana menggabugkan suku kata. Dalam kasus urutan kata, urutan kata dalambahasa inggris membingungkan. Yang kelima, banyaknya imbuhan pada morfem dan pengertiannya. Siswa kesulitan untuk memetakan pola bahasa terhadap makna dari pola bahasa tersebut. Yang terakhir adalah beberapa fitur gramar tidak mempunyai padanan makna dengan bahasa pertama siswa.
T-2013/PBI/040 | Perpustakaan A. Yani | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain